Memaafkan Masa Lalu

image

Ada saatnya manusia berada di titik jenuhnya. Merasa bahwa keberadaannya di dunia telah sirna, merasa tak berguna.
Namun ada pula saatnya manusia berada di titik tertingginya. Merasa bahwa dirinya paling berguna, merasa hebat.
Terkadang manusia mengabaikan kebenaran dalam hatinya, namun terkadang pula manusia menuruti kata hatinya.
Bagiku, itu fitrah..

Satu hal yang aku pelajari beberapa bulan ini.. Yakni tentang memaafkan masa lalu.
Bohong ketika kita mengatakan bahwa kita tak pernah berbuat salah, karena manusia pasti memiliki kesalahan sekecil apapun.
Pun bohong ketika kita merasa biasa saja saat kita berbuat salah, karena ada secuil fatwa dalam hati yang sedang berteriak, meskipun sering kita abaikan.

Ya, setiap manusia memiliki masa lalu. Baik buruknya, hanya ia dan Allah yang tahu. Masa-masa tersebut sangat memengaruhi hidup manusia, bahkan banyak yang tersiksa akibat masa lalunya.

Disini, aku belajar tentang memaafkan masa lalu. Masa yang mungkin membuat kita jatuh dan jauh dariNya. Masa yang mungkin kita habiskan untuk maksiat dan memupuk dosa.
Namun, sejatinya perubahan adalah hal yang pasti. Dan memilih untuk berubah, adalah hak setiap manusia, sebuah pilihan untuk berubah menjadi baik atau semakin buruk.

Tentang memaafkan masa lalu, bagiku adalah sikap yang tepat untuk menilai seseorang. Terlepas dari bagaimana sikapnya kelak, yakinlah bahwa orang tersebut sedang berusaha memperbaiki dirinya. Memaafkan, adalah bentuk apresiasi terhadapnya. Memaafkan pula, menjadi penghancur tembok kebencian di antara kita dan dia. Memaafkan, menjadi kunci dari gembok penjara yang membatasi diri kita.
Memaafkan, menjadi obat termanjur untuk orang-orang yang sakit hatinya.

Terkadang kita sering teringat masa lalu seseorang. Bahkan kita lebih sering melihat keburukan yang melekat dan diberikan oleh orang tersebut. Sahabat, ia punya hak untuk berubah.. Sambut, dukung, dan doakan ia agar istiqomah untuk memperbaiki dirinya. Jika itu terjadi pada diri kita, bukankah kita juga ingin demikian? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s