Satu Setengah Tahun

adalah angka yang cukup lama untuk membersamai mereka di jalan ini, terlepas dari waktu-waktu sebelumnya yang juga saya habiskan bersama mereka. satu setengah tahun ini menjadi waktu yang sangat berharga bagi saya, yang bahkan mungkin menjadi waktu yang tak pernah terlupa. izinkan diri ini untuk menuliskannya, satu setengah tahun yang terindah bagi saya.

satu setengah tahun yang lalu, saat saya sedang asik dengan gadget teman saya, tiba-tiba saya dipanggil untuk maju. kemudian saya dibawa ke luar, dan diumumkan sesuatu. sesuatu tersebut sangat jauh dari apa yang pernah saya pikirkan sebelumnya, sebuah amanah yang terlihat sederhana namun sulit dijalankan. sama seperti saat ini, air mata tak kuasa mengalir tak terbendung.

selama satu setengah tahun, saya membersamai teman-teman saya bersama beberapa kakak di sebuah organisasi. organisasi tersebut adalah organisasi terlama saya berada di sana sekaligus organisasi yang entah mengapa paling saya cintai hingga saat ini. organisasi tersebut, yang menggembleng saya dari bukan apa-apa menjadi ada apanya. organisasi tersebut, yang meski raga saya di mana namun pikiran tetap tertuju padanya. jika ia adalah seonggok manusia, mungkin ia adalah orang yang paling saya cintai sejak awal bertemu dengannya.

“dakwah adalah cinta, dan cinta meminta segalanya darimu…”
(Alm Ust. Rahmat Abdullah)

seperti halnya orang yang sedang jatuh cinta, banyak pengorbanan yang akan tercurah untuk yang dicinta. ya, saya lihat semua pengorbanan itu pada teman-teman saya dan kakak-kakak saya. sekecil apapun pengorbanannya, mereka pun saya yakin atas janjiNya.

“Hai orang-orang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”
(Q.S Muhammad: 7)

satu setengah tahun dijalani dengan penuh ekspresi dan luapan hayati. tawa, tangis, canda, marah, dan sebagainya, selalu mewarnai perjalanan kami. kenangan demi kenangan selalu membuat pribadi di dalamnya mempunyai penilaian tersendiri. dan semakin kesini, semakin terlihat sesiapa yang benar-benar menjatuhkan hatinya untuk dakwah ini.

satu setengah tahun itu akan berakhir tepat hari ini. kembali, bayangkanlah apa yang terjadi pada orang yang sedang jatuh cinta namun yang dicinta harus pergi. jika kamu pernah merasakannya, percayalah itu sedang saya alami saat ini. sakit. sebab diri terlanjur cinta dengan apa yang dijalani, namun semua akan berubah, tepat hari ini. sungguh, diri ini sangat takut kehilangan momen dan orang-orang yang dicintai di tempat ini.

diri, mohon kuatkan hati…

Maka yaa Allah, kuatkanlah ikatannya,
kekalkanlah cintanya,
tunjukkanlah jalannya,
penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup,
lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu,
indahnya takwa kepada-Mu,
hidupkan ia dengan ma’rifat-Mu,
matikan ia dalam syahid di jalan-Mu.
sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong

(doa rabithah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s